Pages

Dampak jejaring sosial terhadap Kehidupan

Tuesday, March 20, 2012

| | |
Dampak jejaring sosial terhadap Kehidupan
       Jejaring sosial seperti Facebook, MySpace, dan lain-lain merupakan tempat kehidupan tiruan di mana orang menemukan dirinya dan berbagi informasi. Saat ini jejarig sosial merupakan alat terbaik dalam berkomunikasi. Di banyak tempat jejaring sosial awalnya sebagai bagian dari kebutuhan kampus agar antara mahasiswa, pengajar, dan kampus tetap dapat terhubung walaupun di luar jam kegiatan kampus. Perdebatan dampak jejaring sosial terhadap kehidupan manusia seperti dampak sosial, masalah kesehatan, dan urusan bisnis, tidak akan pernah selesai. Beberapa studi menyatakan bahwa jejaring sosial bisa berdampak negatif terhadap kesehatan sosial. Namun dampak positifnya pun tak dapat dipungkiri.       Jejaring sosial dapat membuat seseorang keluar dari realitas dan menenggelamkan dirinya ke dalam dunia tiruan komunitas sosial di internet. Bukan bertemu dengan seseorang untuk bisa berbicara langsung tetapi duduk di depan komputer dan memeriksa apa yg sedang dilakukan oleh teman tiruannya di jejaring sosial. Hal terbaru yg bisa dipelajari adalah jejaring sosial merupakan senjata ampuh dalam berbisnis. Melalui jejaring sosial kita bisa mencari pelanggan, pengedar, bahkan distributor. Pada dasarnya dampak positif dan negatif jejaring sosial terhadap kehidupan memang ada.

Dampak Jejaring Sosial thd Pembentukan Identitas
      Pada jaman dahulu para remaja menghabiskan waktu mereka di kamar sendirian atau dengan teman dekatnya, menari di depan kaca, bermain di halaman rumah. Saat ini, dengan jejaring sosial para remaja bisa saling terhubung melalui internet. Karena sifat aplikasi yg egosentris maka para remaja dapat menonjolkan kepribadiannya lewat jejaring sosial, atau menambahkan hal-hal lain. Kadang para remaja sempat membuat berbagai bentuk kepribadian tak terbatas yg sesungguhnya tak nampak pada kehidupannya yg nyata. Bila dirasa gagal pada suatu bentuk maka mereka akan mencoba bentuk pribadi lain. Dengan cara ini para remaja bisa mengendalikan penampilannya di jejaring sosial dengan rasa aman karena jauh dari unsur-unsur penolakan, dipermalukan, dan lain-lain, yg sering terjadi di kehidupan nyata.

Haruskah jejaring sosial ditangkal.
       Setujukah anda bila jejaring sosial ditangkal karena merusak komunikasi kehidupan yg nyata? Tentunya sebagian besar mengatakan tidak. Jejaring sosial berfokus kepada pengembangan hubungan sosial antara orang-orang yg memiliki kesamaan minat dan aktivitas. Biasanya terdiri atas profil, link sosialnya, dan berbagai pelayanan lain. Umumnya disediakan email dan perpesanan instan.
       Ada masalah dan bahaya ditimbulkan oleh jejaring sosial, namun tidak sedikit keuntungan bisa dipetik darinya dalam kehidupan individual dan masyarakat. Orang-orang dari generasi yg lebih tua sering kuatir atas kerusakan komunikasi alam nyata, penindasan alam maya (cyber bullying), dan masalah pemaparan data penting pribadi. Ada pulang yg memanfaatkan jejaring sosial untuk menteror orang lain, atau meningkatkan kecanduan terhadap beberapa hal.

Seperti Biasa Gan
Cukup Sekian Dulu...
Semoga Artikel Ini Bermanfaat... :)

0 comments:

Post a Comment